Pelangi Serat Digital: Mengungkap Rahasia Jaringan Global yang Menghubungkan Dunia | #2

Internet adalah tulang punggung Web, infrastruktur teknis yang memungkinkan Web. Pada dasarnya, Internet adalah jaringan besar komputer yang saling be

 

jaringan internet teknologi

Bagaimana cara kerja Internet?

Artikel ini membahas apa itu Internet dan bagaimana cara kerjanya. 

Internet adalah tulang punggung Web, infrastruktur teknis yang memungkinkan Web. Pada dasarnya, Internet adalah jaringan besar komputer yang saling berkomunikasi.
 

Sejarah Internet agak kabur. Itu dimulai pada 1960-an sebagai proyek penelitian yang didanai tentara AS, kemudian berkembang menjadi infrastruktur publik pada 1980-an dengan dukungan banyak universitas negeri dan perusahaan swasta. Berbagai teknologi yang mendukung Internet telah berevolusi dari waktu ke waktu, tetapi cara kerjanya tidak banyak berubah: Internet adalah cara untuk menghubungkan semua komputer dan memastikan bahwa, apa pun yang terjadi, mereka menemukan cara untuk tetap terhubung.

Jaringan sederhana

Saat dua komputer perlu berkomunikasi, Anda harus menghubungkannya, baik secara fisik (biasanya dengan kabel Ethernet) atau secara nirkabel (misalnya dengan sistem Wi-Fi atau Bluetooth). Semua komputer modern dapat mempertahankan koneksi tersebut.

Catatan: Untuk sisa artikel ini, kami hanya akan berbicara tentang kabel fisik, tetapi jaringan nirkabel bekerja dengan cara yang sama.

Jaringan seperti itu tidak terbatas pada dua komputer. Anda dapat menghubungkan komputer sebanyak yang Anda inginkan. Tapi itu menjadi rumit dengan cepat. Jika Anda mencoba menyambungkan, katakanlah, sepuluh komputer, Anda memerlukan 45 kabel, dengan sembilan colokan per komputer!

Untuk mengatasi masalah ini, setiap komputer di jaringan dihubungkan ke komputer kecil khusus yang disebut router. Perute ini hanya memiliki satu tugas: seperti pemberi sinyal di stasiun kereta api, ia memastikan bahwa pesan yang dikirim dari komputer tertentu sampai ke komputer tujuan yang tepat. Untuk mengirim pesan ke komputer B, komputer A harus mengirim pesan ke router, yang selanjutnya meneruskan pesan ke komputer B dan memastikan pesan tidak terkirim ke komputer C.

Setelah kami menambahkan router ke sistem, jaringan 10 komputer kami hanya membutuhkan 10 kabel: satu colokan untuk setiap komputer dan router dengan 10 colokan.


Jaringan dari jaringan


Sejauh ini bagus. Tapi bagaimana dengan menghubungkan ratusan, ribuan, miliaran komputer? Tentu saja satu router tidak dapat menskala sejauh itu, tetapi, jika Anda membaca dengan cermat, kami mengatakan bahwa router adalah komputer seperti komputer lainnya, jadi apa yang menghalangi kami untuk menghubungkan dua router secara bersamaan? Tidak ada, jadi mari kita lakukan itu.


Dengan menghubungkan komputer ke router, lalu router ke router, kita dapat menskalakan tanpa batas.


Jaringan seperti itu sangat dekat dengan apa yang kita sebut Internet, tetapi kita kehilangan sesuatu. Kami membangun jaringan itu untuk tujuan kami sendiri. Ada jaringan lain di luar sana: teman Anda, tetangga Anda, siapa pun dapat memiliki jaringan komputer sendiri. Tetapi tidak mungkin memasang kabel antara rumah Anda dan dunia luar, jadi bagaimana Anda menanganinya? Nah, sudah ada kabel yang terhubung ke rumah Anda, misalnya listrik dan telepon. Infrastruktur telepon sudah menghubungkan rumah Anda dengan siapa pun di dunia, jadi ini adalah kabel sempurna yang kami butuhkan. Untuk menghubungkan jaringan kita ke infrastruktur telepon, kita memerlukan peralatan khusus yang disebut modem. Modem ini mengubah informasi dari jaringan kita menjadi informasi yang dapat dikelola oleh infrastruktur telepon dan sebaliknya.

Jadi kami terhubung ke infrastruktur telepon. Langkah selanjutnya adalah mengirim pesan dari jaringan kita ke jaringan yang ingin kita jangkau. Untuk melakukan itu, kami akan menghubungkan jaringan kami ke Internet Service Provider (ISP). ISP adalah perusahaan yang mengelola beberapa router khusus yang semuanya terhubung bersama dan juga dapat mengakses router ISP lain. Jadi pesan dari jaringan kita dibawa melalui jaringan jaringan ISP ke jaringan tujuan. Internet terdiri dari seluruh infrastruktur jaringan ini.

Menemukan komputer

Jika Anda ingin mengirim pesan ke komputer, Anda harus menentukan yang mana. Jadi setiap komputer yang terhubung ke jaringan memiliki alamat unik yang mengidentifikasinya, yang disebut "alamat IP" (di mana IP adalah singkatan dari Internet Protocol). Ini adalah alamat yang terdiri dari rangkaian empat angka yang dipisahkan oleh titik, misalnya: 192.168.2.10.

Itu baik-baik saja untuk komputer, tetapi kita manusia kesulitan mengingat alamat semacam itu. Untuk mempermudah, kita bisa alias alamat IP dengan nama yang bisa dibaca manusia yang disebut nama domain. Misalnya (pada saat penulisan; alamat IP dapat berubah) google.com adalah nama domain yang digunakan di atas alamat IP 142.250.190.78. Jadi menggunakan nama domain adalah cara termudah bagi kita untuk menjangkau komputer melalui Internet.

Internet dan web

Seperti yang mungkin Anda perhatikan, saat kami menjelajah Web dengan browser Web, kami biasanya menggunakan nama domain untuk menjangkau situs web. Apakah itu berarti Internet dan Web adalah hal yang sama? Tidak sesederhana itu. Seperti yang kita lihat, Internet adalah infrastruktur teknis yang memungkinkan miliaran komputer untuk saling terhubung. Di antara komputer tersebut, beberapa komputer (disebut server Web) dapat mengirim pesan yang dapat dipahami ke browser web. Internet adalah infrastruktur, sedangkan Web adalah layanan yang dibangun di atas infrastruktur. Perlu dicatat ada beberapa layanan lain yang dibangun di atas Internet, seperti email dan IRC.

As you might notice, when we browse the Web with a Web browser, we usually use the domain name to reach a website. Does that mean the Internet and the Web are the same thing? It's not that simple. As we saw, the Internet is a technical infrastructure which allows billions of computers to be connected all together. Among those computers, some computers (called Web servers) can send messages intelligible to web browsers. The Internet is an infrastructure, whereas the Web is a service built on top of the infrastructure. It is worth noting there are several other services built on top of the Internet, such as email and IRC.

Intranet dan Ekstranet

Intranet adalah jaringan pribadi yang dibatasi untuk anggota organisasi tertentu. Mereka biasanya digunakan untuk menyediakan portal bagi anggota untuk mengakses sumber daya bersama dengan aman, berkolaborasi, dan berkomunikasi. Misalnya, intranet organisasi mungkin menghosting halaman web untuk berbagi informasi departemen atau tim, drive bersama untuk mengelola dokumen dan file penting, portal untuk melakukan tugas administrasi bisnis, dan alat kolaborasi seperti wiki, forum diskusi, dan sistem perpesanan.

Ekstranet sangat mirip dengan Intranet, kecuali ekstranet membuka semua atau sebagian jaringan pribadi untuk memungkinkan berbagi dan berkolaborasi dengan organisasi lain. Mereka biasanya digunakan untuk berbagi informasi dengan aman dan aman dengan klien dan pemangku kepentingan yang bekerja sama dengan bisnis. Seringkali fungsinya serupa dengan yang disediakan oleh intranet: berbagi informasi dan file, alat kolaborasi, papan diskusi, dll.

Baik intranet maupun ekstranet berjalan pada jenis infrastruktur yang sama seperti Internet, dan menggunakan protokol yang sama. Oleh karena itu, mereka dapat diakses oleh anggota resmi dari lokasi fisik yang berbeda.

Representasi Grafis tentang cara kerja Extranet dan Intranet




Read Also :-
Labels : #kampung.university ,#PROGRAMING ,#TEKNOLOGI ,
Getting Info...

Post a Comment