Pesan "username is not in the sudoers file." - Panduan Lengkap


https://magernesia.blogspot.com/?m=1


Apa itu  "username is not in the sudoers file."

Pesan "username is not in the sudoers file." adalah pesan kesalahan yang muncul saat pengguna mencoba menjalankan perintah sudo. Perintah sudo memungkinkan pengguna untuk menjalankan perintah sebagai pengguna lain, biasanya root.  

Pesan kesalahan ini muncul karena pengguna yang mencoba menjalankan perintah sudo tidak terdaftar di file sudoers. File sudoers adalah file konfigurasi yang menentukan pengguna mana yang memiliki izin sudo. File ini biasanya terletak di direktori /etc/sudoers.

  Dalam hal ini saya mencoba memakai nama saya yang asalnya "username is not in the sudoers file." maka menjadi "chbasar is not in the sudoers file." ok lanjutt

Pesan "chbasar is not in the sudoers file." berarti pengguna "chbasar" tidak memiliki izin untuk menjalankan perintah sudo. Perintah sudo memungkinkan pengguna untuk menjalankan perintah sebagai pengguna lain, biasanya root.  

Pesan ini muncul karena pengguna "chbasar" tidak terdaftar di file sudoers. File sudoers adalah file konfigurasi yang menentukan pengguna mana yang memiliki izin sudo. File ini biasanya terletak di direktori /etc/sudoers.

  Untuk mengatasi masalah ini, pengguna harus menambahkan pengguna "chbasar" ke file sudoers. Pengguna dapat menambahkan pengguna ke file sudoers dengan menggunakan perintah visudo. 

Berikut adalah langkah-langkah untuk menambahkan pengguna "chbasar" ke file sudoers:     

  1. Log in sebagai root atau pengguna dengan izin sudo.     
  2. Buka file sudoers menggunakan editor teks.    
  3.  Tambahkan baris berikut ke file sudoers: 
    chbasar ALL=(ALL) NOPASSWD: ALL 

 Perintah ini akan memungkinkan pengguna "chbasar" untuk menjalankan perintah sudo tanpa memasukkan kata sandi.   

     5. Simpan file sudoers dan keluar dari editor teks. 

    6.  Lakukan logout dan login kembali ke sistem. 

Setelah pengguna melakukan logout dan login kembali ke sistem, pengguna "chbasar" akan dapat menjalankan perintah sudo tanpa masalah.

Penjelasan Lebih Lanjut

Pesan "chbasar is not in the sudoers file." dapat muncul karena beberapa penyebab, antara lain:     

  1. Pengguna "chbasar" tidak terdaftar di file sudoers.    
  2.  Pengguna "chbasar" tidak memiliki izin sudo yang diperlukan untuk menjalankan perintah yang dicoba dijalankan.  
Untuk mengatasi masalah ini, pengguna harus terlebih dahulu mengetahui penyebabnya. Jika pengguna "chbasar" tidak terdaftar di file sudoers, pengguna harus menambahkan pengguna tersebut ke file sudoers. Jika pengguna "chbasar" memiliki izin sudo yang diperlukan, pengguna dapat mencoba menjalankan perintah sudo lagi.

 Penjelasan Cara Mengatasi

Perintah visudo adalah perintah yang digunakan untuk membuka dan mengedit file sudoers. Perintah ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan, menghapus, atau mengubah izin sudo pengguna.  

Baris yang ditambahkan ke file sudoers adalah baris yang menentukan izin sudo pengguna. Baris tersebut memiliki format sebagai berikut:

nama_pengguna [opsi] [grup_pengguna] [perintah]

Penjelasan dari setiap bagian baris adalah sebagai berikut:    

  •   nama_pengguna: Nama pengguna yang ingin diberikan izin sudo.     opsi: Opsi yang menentukan bagaimana izin sudo diterapkan. 
  • Opsi yang umum digunakan adalah ALL, NOPASSWD, dan !.     
  • grup_pengguna: Grup pengguna yang ingin diberikan izin sudo.   
  •   perintah: Perintah atau direktori yang ingin diberikan izin sudo. 
 Dalam contoh di atas, baris yang ditambahkan ke file sudoers akan memberikan izin sudo penuh (ALL) kepada pengguna "chbasar" untuk menjalankan semua perintah (ALL) tanpa memasukkan kata sandi (NOPASSWD). 

 

 

 

Read Also :-
Labels : #TUTORIAL ,
Getting Info...

Post a Comment